SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pengembangan Media Pembelajaran Web Base Learning di Era Society 5.0 dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPAS

Hermawan Susanto (Universitas PGRI Madiun)
Wahyu Choyrunisya Salsa Bela (Universitas PGRI Madiun)
Fachrur Rossy Handoko (Universitas PGRI Madiun)
Lutfiah Anggun Dwi Rahmawati (Universitas PGRI Madiun)
Ungzila Lely Mafruhah (Universitas PGRI Madiun)
Rina Wati Lumban Gaol (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Liya Atika Anggrasari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Kemajuan teknologi era Society 5.0 memberikan peluang yang sangat baik untuk inovasi di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan media pembelajaran online berbasis web interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang melibatkan analisis kebutuhan pembelajaran, perancangan media pembelajaran, pengembangan konten menggunakan platform WordPress, implementasi di kelas V SD, dan evaluasi efektivitas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dapat mengatasi keterbatasan media konvensional, meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih personal dan interaktif yang artinya media ini tidak hanya memberikan akses ke konten yang lebih luas tetapi juga memungkinkan pembelajaran yang personal dan sesuai kebutuhan individu siswa. Berdasarkan temuan ini, pengembangan media pembelajaran berbasis web melalui model ADDIE efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS di era Society 5.0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...