Kemajuan teknologi era Society 5.0 memberikan peluang yang sangat baik untuk inovasi di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan media pembelajaran online berbasis web interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang melibatkan analisis kebutuhan pembelajaran, perancangan media pembelajaran, pengembangan konten menggunakan platform WordPress, implementasi di kelas V SD, dan evaluasi efektivitas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dapat mengatasi keterbatasan media konvensional, meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih personal dan interaktif yang artinya media ini tidak hanya memberikan akses ke konten yang lebih luas tetapi juga memungkinkan pembelajaran yang personal dan sesuai kebutuhan individu siswa. Berdasarkan temuan ini, pengembangan media pembelajaran berbasis web melalui model ADDIE efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS di era Society 5.0.
Copyrights © 2024