SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi suhu dan kalor berdasarkan teori polya

Endah Kusuma Dewi (Unknown)
Jeffry Handhika (Unknown)
Farida Huriawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbandingan antara jawaban siswa dengan langkah teori polya dan jawaban siswa yang tidak menggunakan teori polya. Peneliti menunjuk 10 siswa kelas XI MIPA 4 MAN 2 Kota Madiun untuk dijadikan subjek penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes uraian sejumlah 5 soal yang telah divalidasi oleh 5 validator ahli. Hasil penelitian menunjukan siswa yang menggunakan langkah pemecahan masalah teori polya mendapatkan hasil yang lebih baik apabila dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan langkah pemecahan teori polya dalam menyelesaikan soal. Terlihat pada siswa yang menggunakan langkah teori polya mampu menyelesaikan 3 dari 5 soal yang diberikan yaitu soal nomor 1, nomor 4 dan nomor 5. Peserta didik mengalami kesalahan dalam menentukan strategi pemecahan masalah dikarenakan tidak sanggup menghafal semua persamaan yang ada pada materi fisika, kemudian kesulitan dalam menyelesaikan strategi penyelesaian masalah yang bersifat matematis seperti oprasi matematika perhitungan berakar dan penjumlahan pecahan sehingga perlu melakukan latihan-latihan soal, pemahaman yang lebih mendalam pada materi fisika dan perlu belajar lebih giat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...