SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Ludo Pada Siswa Sekolah Dasar

Ninik Indriastutik (Unknown)
Heny Kusuma Widyaningrum (Unknown)
Suyanti Suyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Dukuh 1 Kec. Lembeyan Kab. Magetan, ditemukan pada masalah yang muncul dari rendahnya hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas V yang belum memenuhi KKM. Nilai tertinggi yang ditempuh dalam satu kelas sebesar 80 sedangkan nilai terendah dalam satu kelas sebesar 50. Diperoleh nilai rata-rata dalam satu kelas yaitu 60,5 nilai yang kurang mendekati nilai KKM yang diharapkan yakni sebesar 70 dimana niilai dari KKM itu adalah 70. Sejumlah 20 siswa yang ada, terdapat 5 anak yang nilainya diatas KKM sisanya 15 anak nilainya dibawah KKM. Kurangnya siswa dalam memahami isi dari materi yang terdapat pada pembelajaran tematik menjadi faktor pemicu gagalnya mencapai KKM. Berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran tematik kelas V SDN Dukuh 1 Lembeyan, Magetan menunjukkan terdapat nilai yang masih dalam rentangan   cukup. Dilihat dari penugasan siswa sebagai evaluasi masih terdapat siswa yang mendapat nilai kurang, selain itu masih banyak siswa mendapatkan nilai cukup dan hanya beberapa siswa mendapat nilai baik atau sangat baik. Sehubungan dengan masalah siswa kelas V di SDN Dukuh 1 Lembeyan, Magetan ditemukan adanya solusi untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa  yakni dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang mampu digunakan dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan model PBL.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...