Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan media robingo dengan media gambar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa mata pelajaran PKn kelas III SDN 01 Klegen Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi perlakuantal dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 28 anak didik dalam kategori perlakuan dan 28 anak didik dalam kategori kontrol, dipilih dengan metode sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes tulisan dan dianalisis memakai uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis anak didik antara penggunaan media robingo dan media gambar bidang studi PKn kelas III di SDN 01 Klegen Madiun. Nilai signifikansi (2-tailed) untuk kategori perlakuan dan kategori kontrol ialah 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara penggunaan media robingo dan media gambar dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis anak didik bidang studi PKn kelas III di SDN 01 Klegen Madiun.
Copyrights © 2023