SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Efektivitas Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Menggunakan Media Scrapbook

Nanda Rizky Amalia (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)
Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui suatu model PBL bekerja dengan baik dengan media ScrapBook berdasarkan hasil belajar matematika. Siswa SDN 01 Winongo kelas III A dan III B adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan desain Quasy Experimental Post-Test-Only, dan teknik pengumpulan data melalui prosedur tes. Studi ini melibatkan 52 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas III A menjadi kelas eksperimen, dan 27 siswa kelas III B menjadi kelas kontrol. Metode cluster sampel acak digunakan untuk mengumpulkan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas yang menggunakan model (PBL) berbantuan media ScrapBook dan kelas yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasilnya menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media ScrapBook adalah pilihan yang tepat untuk pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...