SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Tingkat Efikasi Diri Akademik Siswa SMK dalam Menghadapi Penilaian Akhir Semester

Dhea Retno Anggraini (Unknown)
Dahlia Novarianing Asri (Unknown)
Ratih Christiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Keyakinan bahwa siswa dapat merencanakan dan mengambil tindakan untuk menyelesaikan tugas akademik dikenal sebagai efikasi diri akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri akademik siswa SMK dan perannya untuk mencapai keberhasilan tugas akademik utamanya dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan dari teknik analisis data kuantitatif atau statistik adalah untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 5 Madiun yang berjumlah 417 orang, Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapati 6 sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri akademik dengan model skala likert. Hasil dari temuan data didapati bahwa efikasi diri akademik 6 siswa kelas X SMKN 5 Madiun berada pada kategori rendah 83,34% dan sebagian kecil efikasi diri akademik berada pada kategori sedang 16,67%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...