SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Model Problem Base Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Beran 4 Ngawi

Seinditya Arismawati (Universitas PGRI Madiun)
Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)
Lis Yanthi Nurhayati (SDN Beran 4 Ngawi)
Endah Widiyowati (SDN Beran 4 Ngawi)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pengaplikasian pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. siklus petama menggunakan penerapan model Problem Base Learning dan pada siklus kedua menggunakan model Problem Base Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitataif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostic gaya belajar dan juga post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Base Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Beran 4 Ngawi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...