Kemampuan menulis puisi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa khususnya kelas 8 sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Berdasarkan observasi penulis di kelas 8C SMPN 6 Madiun, siswa masih kesulitan untuk menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan teknik akrostik dan media lagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8C SMPN 6 Madiun sebanyak 27 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa ketuntasan belajar pada siklus I 45% dengan nilai rata-rata 67,3 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan rata-rata nilai 84,4. Berdasarkan hasil tersebut, teknik akrostik dan media lagu dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Copyrights © 2024