SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Dela Afianti Safitri (Unknown)
Rissa Prima Kurniawati (Unknown)
Elly’s Mersina Mursidik (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Model pembelajaran TGT adalah  model pembelajaran yang pembelajarannya berbasis mainan antar  kelompok. Penyusunana artikel ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode true eksperimental design dengan posttest only control design. Subyek penelitian yaitu siswa  kelas IVB MIN 15 magetan (kelas kontrol) sebanyak 30 siswa dan  kelas IVC MIN 15 Magetan sebanyak 30 siswa (kelas eksperimen). Intrumen berupa tes unjuk kerja hasil belajar dan dokumentasi.  Hasil penelitian diujikan dengan  uji t, menunjukkan Thitung = 13,981 dan Ttabel = 2,0 dengan keterangann  Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...