Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2015): Periode Bulan April

PROFIL HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENANAMAN POSITIF DISIPLIN

Ishabu, La Suha (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2016

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan mempersiapkan masyarakat baru yang lebih ideal, yaitu masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban dan berperan aktif dalam proses pembangunan bangsa. Esensi dari tujuan pendidikan nasional adalah proses menumbuhkan bentuk budaya keilmuan, sosial, ekonomi, dan politik yang lebih baik dalam perspektif tertentu harus mengacu pada masa depan yang jelas (pembukaan UUD 1945 alenia 4). Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana Profil Hasil Belajar siswa melalui pendekatan Matematika Realistis dan penanaman positif disiplin?. Penelitian ini dilakukan pada SD negeri 67 Air Salobar Ambon dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Digunakan Instrumen berupa pengamatan aktifitas siswa terutama yangberhubungan dengan Pendekatan Matematika Realistisdan positif disiplin serta melakukan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil Pengamatan dan tes Hasil Belajar siswa SD  Negeri 67 Air Salobar, diperoleh secara umum,bahwa profil hasil belajar Siswa SD Negeri Air Salobar Ambon diperoleh bahwa pada pertemuan pertama yang tuntas KKM hanya 8 siswa (38,1%) sedangkan yang tidak tuntas 13 siswa (63,9%), hal ini disebabkan dalam kegiatan pembelajaran tidak menyenangkan dan menoton. Selanjutnya dilakukan pembelajaran yang kedua (pertemuan II) sehingga diperoleh hasil belajar siswa Kelas II SD Negeri Air Salobar Ambon yang telah mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 86,7 %, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,3%, hal ini disebabkan karena faktor lain yang mempengaruhinya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

deltapi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas ...