Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 3, No 2 (2016): Juni 2016

Proses Peningkatan Keterlibatan Karyawan Melalui Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja (Studi Kualitatif terhadap Tenaga Perawat Unit Rawat Inap Anak di Balai Klinik Ibu & Anak RKZ Malang)

Subekti, Lianda (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan keterlibatan karyawan para tenaga perawat unit rawat inap anak di Balai Klinik Ibu & Anak RKZ Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi untuk menjelaskan penerapan model kepemimpinan direktur rumah sakit dan motivasi kerja tenaga perawat unit rawat inap anak. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancaraterhadap 7 orang informan yang merupakan tenaga perawat senior, tenaga perawat menengah, tenaga perawat junior. Teknik analisis data menggunakan Interactive Model of Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kepemimpinan direktur rumah sakit bagi perawat senior dan menengah melalui pendelegasian wewenang dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan; dan bagi tenaga perawat junior melalui memimpin melalui contoh dan penjabaran visi dan misi rumah sakit. Motivasi intrinsik tenaga perawat dalam bekerja adalah panggilan hidup dan kebanggaan dalam bekerja, sementara motivasi ekstrinsik adalah insentif, gaji, promosi jabatan, pertukaran tempat dinas, lingkungan kerja yang kondusif dan hubungan antar rekan kerja yang baik. Adanya konflik yang belum terselesaikan antara direktur rumah sakit dengan tenaga perawat senior terkait ketidakpuasan dalam pembagian insentif mendorong terjadinya peningkatan keinginan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan dan lebih cocok diselesaikan dengan model kepemimpinan transaksional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen covers the areas of financial management science, human resource management, marketing management, and strategic management It also covers the field of ...