BioCONCETTA
Vol 1, No 2 (2015)

PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI BERBASIS OTAK TERHADAP KEKUATAN LIMBIK , ABILITAS, KREATIFITAS DAN KEMAUAN SISWA

Razak, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini untuk bertujuan membuktikan pengaruh pelatihan motivasi berbasis otak terhadap kekuatan limbik, abilitas, kreatifitas dan kemauan siswa kelas III SMPN 9 Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan aplikasi neurosains dalam bidang pendidikan yang telah diteliti selama lima tahun. Metodeyang digunakan adalah metode Kinesiologi yang merupakan ilmu yang mempelajari  tentang  saraf-saraf  pada  lengan  yang  telah  dikembangkan  oleh ahlinya untuk deteksi berbagai penyakit dan mampu menjelaskan secara ilmiah penyebab hal tersebut dengan mekanisme gelombang elektromagnetis tubuh.Selanjutnya, metode perrmainan motivasi (game motivation) dapat mengukur    abiliotas,    kreativitas    dan    kemauan    siswa.    Hasil    penelitianmenunjukkan  pengaruh yang nyata, dimana85.30 % kondisi limbik siswa SMPN9 pada taraf yang lemah. Sementara, sisanya dalam kondisi agak lemah 11.77% dan  limbik  yang  kuat  dengan  prosentase  0.03%.pada  saat  sebelum pelatihan.Setelah pelatihan, limbik level kuatmenjadi 0.06%. Kondisi limbik yang lemah berkurang menjadi 42.42%.Selanjutnya, sebelum pelatihan, nilai kreatifitas, abilitas dan kemauan masing-masing adalah 12-109, 12-93 dan 16-82. Setelah pelatihan  tingkat  kreativitas,  abilitas  dan  kemauan  siswa  meningkat  dengan rentang masing-masing 38-137, 22-96 dan 29-150. Terbukti, pelatihan motivasi berbasis otak mempengaruhikekuatan limbik, abilitas, kreatifitas dan kemauan siswa kelas III SMPN 9 Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat  

Copyrights © 2015