Jurnal Kedokteran dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
Vol 3, No 1 (2016)

Karakteristik dan Peran Protein Ikat Folat (PIF)

Subandrate Subandrate (Unknown)
Dwirini Retno Gunarti (Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jl. Salemba Raya 6 Jakarta)
Mohamad Sadikin (Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jl. Salemba Raya 6 Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2016

Abstract

Asam folat merupakan kelompok vitamin B. Asam folat terikat dengan suatu protein yang disebut protein ikat folat (PIF). PIF merupakan suatu glikoprotein dengan 222 residu asam amino dan berat molekul sekitar 31000 Dalton. Struktur tiga dimensi PIF dipertahankan oleh enam sampai delapan jembatan disulfida. PIF memiliki kemampuan mengikat asam folat dengan perbandingan ikatan 1:1 mol. Situs aktif PIF mengandung gugus imidazol atau gugus sulfhidril. Kofaktor ion kalsium tidak dibutuhkan PIF dalam mengikat asam folat. Di dalam tubuh, PIF berperan menghimpun, mengangkut, dan membantu penyimpanan, penggunaan serta pendistrubusian asam folat ke jaringan. PIF juga berperan mengurangi ekskresi asam folat di ginjal dan meningkatkan penyerapan asam folat di intestinum. Dalam bidang kedokteran PIF dapat dimanfaatkan untuk mengukur kadar asam folat serum dengan metode analog ELISA.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Medicine & Pharmacology Neuroscience Public Health

Description

Jurnal Kedokteran dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya with registered number ISSN 2406-7431 (Print) and ISSN 2614-0411 (Online), is a scientific journal managed by Faculty of Medicine Universitas Sriwijaya, Indonesia. It publishes original research articles and ...