JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 1, No 1 (2016)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK (ROUND CLUB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT

Rubowo, Maya Rini ( Dosen Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi No.24 Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kerangka pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada mata kuliah Matematika Diskrit. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah mahasiswa kelas 7B Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang dengan pertimbangan kemudahan komunikasi antara peneliti dengan mahasiswa karena peneliti adalah dosen dan subjek penelitian adalah mahasiswa yang bersangkutan, serta masih jarang penelitian tentang kemampuan komunikasi matematik untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pembelajaran berbasis model pembelajaran Round Club dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Diskrit. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan rata-rata kemampuan mahasiswa dalam menggunakan bahasa yang jelas untuk membuat presentasi, dan untuk menjelaskan serta membenarkan solusi ketika melaporkan untuk berbagai tujuan dari pendengar yang berbeda; rata-rata kemampuan mahasiswa dalam menggunakan simbol matematika, label, satuan dan konvensi dengan benar; rata-rata kemampuan mahasiswa dalam menggunakan kosa kata matematika dengan tepat. Data pendukung lainnya adalah pada siklus 1, mahasiswa yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai = 60,00 sebanyak 28 mahasiswa atau 60% dari 40 mahasiswa dengan nilai rata-rata kelas 70,5, kemudian pada siklus 2 mahasiswa yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai = 60,00 sebanyak 37 siswa atau 92,5% dari 40 mahasiswa dengan nilai rata-rata kelas mencapai 82,5.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...