JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 1, No 1 (2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN SOCIO HUMANISM

Dwijayanti, Ida ( Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2016

Abstract

Pendidikan bukanlah sekedar mendidik manusia supaya well-informed tetapi mengenal dan menguasai kebudayaannya dan menguasai ilmu pengetahuan, pengembang intelektual yang berarti pengembang dirinya sendiri dimasa depan. PR kita ialah bagaimana merumuskan suatu strategi pembelajaran yang mampu mengakomodir seluruh nilai budaya yang dibawa oleh masing-masing siswa dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan melalui prosedur model pengembangan Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Metode pengumpulan dan analisis data yang digunakan ialah metode dokumentasi untuk mendapatkan data perangkat sebelum dikembangkan, observasi untuk memperoleh data nilai budaya pada peserta didik sebelum pengembangan perangkat, angket untuk mendapatkan data validasi ahli dan keterbacaan oleh guru dan peserta didik serta tes untuk memperoleh data kelayakan instrument tes. Seluruh data dianalisis secara deskriptif, kecuali data kelayakan instrument tes dianalisis secara statistik menggunakan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda dari hasil validitas ahli diperole keseluruhan perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi pada tiap bagian. Dari uji coba instrument tes menghasilkan informasi bahwa 4 soal dari 5 soal yang dikembangkan dapat digunakan karena memiliki validitas, reabilitas dan daya pembeda yang baik serta tingkat kesukaran yang bervariasi. Sedangkan dari simulasi penggunaan perangkat, menghasilkan informasi bahwa penggunaan perangkat yang dikembangkan dapat menstimulus peserta didik untuk mengembangkan nilai budaya  seperti yang direncanakan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...