Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 2, No 1 (2015)

KARTU ISLAMI BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Hasnih Hasnih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar)
Kartika Kartika (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar)
Amanda Juanda (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2016

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Salah satu jenjang pendidikan formal yang paling berperan dalam hal pengembangan karakter bangsa adalah sekolah dasar (SD).  Anak sekolah dasar dikatakan sebagai masa bahagia karena masa tersebut digunakan lebih banyak dengan bermain. Permainan penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam permainan terdapat berbagai masalah yang menuntut anak untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Kartu islami merupakan permainan kartu yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah pemain 4 hingga 5 orang yang bertujuan untuk mengenalkan anak mengenai islam dan budaya lokal sejak dini. Kartu Islami sebagai media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual pada anak sekolah dasar melalui pengetahuan agama dan pengenalan budaya dalam media kartu.Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Kartu Islami, Budaya Lokal dan Emotional Spiritual Quotiont (ESQ)

Copyrights © 2015