JURNAL KONFIKS
Vol 3, No 1 (2016): KONFIKS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA KELAS IV SDI TETEBATU KABUPATEN GOWA

Abdul Munir (Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2017

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah mengungkap dan menganalisis, Pengaruh Jigsaw, terhadap hasil belajar berbicara bahasa Indonesia. Metode eksperimen yang digunakan adalah Desain Penelitian Posttest Only Desain. Adapun populasi sebanyak 86, sampelnya 43. Instrument penelitian adalah lembar observasi, objektif tes (pilihan ganda), dan format wawancara, serta dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw, memeroleh nilai hasil belajar Berbicara bahasa Indonesia rata-rata baik.Kata Kunci: Pengaruh, Model Jigsaw, Keterampilan Berbicara, bahasa Indonesia,  Hasil Belajar. AbstractThe purpose of this study is to reveal and analyze, Effect of Jigsaw, the learning outcomes speak Indonesian. Experimental method used is Design Research Posttest Only design. The population of as many as 86, the sample is 43. Instrument of research is observation sheet, an objective test (multiple choice), and the format of the interview, and documentation. The result showed that students treated learning model Jigsaw, obtain the value of learning outcomes Indonesian Speaking average good.Keywords: Effect, Model Jigsaw, Speaking Skills, Indonesian, Learning Outcomes.

Copyrights © 2016