MAJALAH BIAM
Vol 9, No 1 (2013): Majalah BIAM

PENGEMBANGAN MODEL UNTUK KESTABILAN PASOKAN DAN HARGA BAHAN BAKU INDUSTRI (Studi Kasus: Industri Pengolahan Rumput Laut)

Setyadewi, Nur Maryam ( Baristand Industri Ambon)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2016

Abstract

Eucheuma cottonii adalah jenis komoditi rumput laut yang diunggulkan yang merupakan bahan baku dari Alkali Treated Cottonii (ATC), Semi Refned Carrageenan (SRC), dan Refned Carrageenan (RC). Makalah ini membahas tentang pengembangan model untuk menstabilkan pasokan dan harga bahan baku pada industri karaginan. Tujuan dari pengembangan model ini adalah model sistem industri rumput laut kering yang memberikan proft maksimal bagi setiap entitas yang terlibat dalam sistem. Model yang dihasilkan berupa model matematis dengan hasil uji coba model menunjukkan bahwa ketidakstabilan pasokan dan harga bahan baku rumput laut kering di level industri dapat diatasi dengan adanya intervensi pemerintah berupa pembatasan kuota ekspor, sedangkan ketidakstabilan harga penjualan karaginan di level konsumen dapat diatasi dengan adanya kebijakan  pembebasan pajak  pertambahan nilai atas produk karaginan. Hasil performansi sistem pada sistem rancangan menunjukkan peningkatan  proft  pada  entitas  industri  dan  menurunkan  biaya  pembelian  karaginan  di  level  konsumen.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

bpbiam

Publisher

Subject

Education

Description

Majalah BIAM is a print and online journal that is part of the Ministry of Industry and dedicated as a media dissemination of scientific articles focusing on the field of marine products technology, in addition, Majalah BIAM generally receive articles in the field of Natural Materials, Industry, ...