Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 13, No 2 (2013)

ENGGUNAAN MEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SERVICE ENGINE PADA MATERI TUNE UP VVTI

Riyandi, Agus ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang)
Basyirun, Basyirun ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah program media flash engine tune-up VVT-I dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran kompetensi mengidentifikasi komponen-komponen engine VVT-I, dan seberapa besar peningkatan antara hasil belajar siswa yang menggunakan program media flash engine tune-up VVT-I dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan program media flash engine tune-up VVT-I. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash dapat digunakan dalam proses pembelajaran kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I yang menggunakan media flash pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 4,33%. Pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I yang menggunakan media flash mengalami peningkatan sebesar 24,83 dengan skor rata-rata hasil belajar pre-test sebesar 50,33 meningkat menjadi 75,17 pada skor rata-rata post-test. Hasil belajar peserta didik pada kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I yang pembelajarannya hanya menggunakan ceramah biasa mengalami peningkatan sebesar 20,50 dengan skor pre-test sebesar 45,67 meningkat menjadi 66,17 pada post-test.

Copyrights © 2013