Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar penggunaan model pembelajaran STAD pada kompetensi dasar membaca gambar teknik pada peserta didik prodi teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI) kelas X SMK Karya Teknologi Jatilawang pada materi gambar proyeksi tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI) dengan jumlah 100 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini seluruh kelas X teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI), teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group desain. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes pilihan ganda 20 soal dengan empat alternatif pilihan jawaban dan dianalisis menggunakan uji statistik perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel dengan maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X teknik pemeliharaan mekanik industri SMK Karya Teknologi Jatilawang pada materi gambar proyeksi.
Copyrights © 2013