Journal of Health Education
Vol 1 No 1 (2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA TUNAGRAHITA RINGAN SMALB-C NEGERI SEMARANG

Aini, Amanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif terhadapmeningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi. Pembelajaran kooperatif merupakan salahsatu metode pembelajaran dengan kegiatan diskusi kelompok sebagai ciri khasnya. Jenispenelitian ini adalah Quasy Experiment dengan pretest-posttest with control group. Populasi47 orang yaitu siswa/i tunagrahita ringan di SMALB-C Negeri Semarang. Dengan purposivesampling, jumlah sampel sebanyak 10 pada tiap kelompok. Kelompok eksperimenmenggunakan pembelajaran kooperatif, kontrol menggunakan pembelajaran ceramah.Analisis data menggunakan uji T berpasangan dan uji Pearson Product Moment. Hasilanalisis uji Pearson Product Moment, didapatkan nilai p = 0,000 (p<0,05) dan korelasi 0,990(Rhitung2=0,98 atau 98%). Hal ini berarti peningkatan pengetahuan 98% dipengaruhi olehpenerapan pembelajaran kooperatif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran kooperatifberpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja tunagrahitaringan. Saran yang diajukan kepada guru agar menggunakan pembelajaran kooperatif dalammemberikan pendidikan kesehatan reproduksi.Kata Kunci: Tunagrahita ringan, Pembelajaran Kooperatif, Pengetahuan, KesehatanReproduksi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jhealthedu

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Journal of Health Education (J. Health Edu) is an S5 rated journal (SINTA Ristekdikti) containing writings raised from the results of research or equivalent in the field of health education. Such research includes research in school environments and communities as well as in the general public. ...