Catharsis
Vol 3 No 2 (2014)

KEBUTUHAN PELATIHAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA GURU SEKOLAH DASAR

-, Wahira (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2015

Abstract

Pembelajaran seni tari  khususnya pada penanaman nilai kearifan lokal masih memerlukan penanganan yang lebih baik  agar sasaran semakin mudah dicapai pada akhirnya  pendidikan nilai kearifan lokal menjadi sistem yang semakin fleksibel. Lembaga sekolah agar menata manajemen pendidikan nilai budaya, dan  guru sekolah dasar yang tidak berlatar belakang bakat seni agar berminat untuk mengikuti pelatihan pembelajaran seni tari berbasis saintifik, yang berhubungan dengan strategi manajemen pendidikan nilai budaya daerah setempat yang melibatkan seluruh pendidik yang dicamtumkan dalam kurikulum 2013. Implementasi pendidikan seni tari di sekolah dasar belum efektif, sistem kerja yang menggunakan manajemen partisipatif belum optimal, karena upaya motivasi sekolah terhadap para pendidik masih rendah. Kepengawasan yang dilakukan dengan memantau, mengamati, mensupervisi, mengkomunikasi, dan melalui laporan serta evaluasi belum maksimal, sehingga sikap dan perilaku peserta didik belum semuanya mencerminkan nilai-nilai lokal dan nilai spiritual secara utuh. Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. (1) Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan; (2) Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan; (3) Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan; (4) Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

catharsis

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science

Description

Catharsis: Journal of Arts Education provides an international forum for research in the field of the art and creative education. It is the primary source for the dissemination of independently refereed articles about the visual arts, performances (music, dance, drama/theater/play), creative ...