Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, komitmen organisasi, dan ambiguitas peran terhadap budgetary slack. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pejabat eselon tiga dan empat di seluruh dinas di Kabupaten Tegal yaitu sebanyak 208. Penelitian ini melibatkan 93 responden dimana teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap budgetary slack. Sedangkan asimetri informasi, komitmen organisasi, ambiguitas peran tidak berpengaruh terhadap budgetary slack. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh terhadap budgetary slack. Untuk meminimalisir kecenderungan pejabat eselon tiga dan empat dalam melakukan budgetary slack, masukan dari pejabat eselon tiga dan empat harus dievaluasi secara hati-hati oleh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan diharapkan pejabat eselon tiga dan empat dapat meningkatkan komunikasi yang positif dengan pimpinan SKPD. This study aimed to find out the influence of budget partisipation, information asymmetry, organization commitment, and ambiguity role to budgetary slack. The research subject was echelons three and four in the entire district administration office in Tegal, there are 208. This research involved 93 respondents where sampling technique uses convenience sampling. This hypothesis was tested using multiple linear regression. The result showed that budget partisipation has a positive dan significant impact on the budgetary slack. But information asymmetry, organization commitment, and role ambiguity have no significan influence on budgetary slack. Simultaneous research results show that all the independent variables have affect to create budgetary slack. To minimize the tendency echelons three and four in creating budgetary slack, their budget proposals should be evaluated carefully by the head office and is expected echelons three and four can increase positive communication with the head office.
Copyrights © 2015