Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
Volume 1, Nomor 4, Tahun 2013 (Oktober 2013)

Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Menampilkan Absensi dan Nilai Akhir Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 32 Semarang)

Patricia Evericho Mountaines (Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro)
Kodrat Iman Satoto (Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro)
Rinta Kridalukmana (Program Studi Sistem Komputer, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2013

Abstract

Aplikasi berbasis web telah banyak digunakan sebagai media penyampai informasi disektor pendidikan. Namun, SMP Negeri 32 Semarang belum mulai memanfaatkan teknologi ini.Hal ini dipandang kurang efektif dan efisien, terutama oleh peserta didik. SMP Negeri 32Semarang kini membutuhkan aplikasi berbasis web yang mampu menampung informasi tentangsekolah sekaligus menampilkan data absensi dan nilai akhir peserta didik.Agar dalam implementasi aplikasi tidak memakan biaya mahal, maka aplikasidikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak open source. Untuk bahasa pemogramanmenggunakan PHP sedangkan untuk basis data menggunakan MySQL, yang sudah terangkumdalam satu paket aplikasi XAMPP. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalahmetode SDLC (Software Development Life Cycle) model Waterfall.Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil keluaran yangditunjukkan selama proses pengujian sesuai dengan rancangan sistem. Maka dapat disimpulkanbahwa Aplikasi Berbasis Web untuk Menampilkan Absensi dan Nilai Akhir Peserta Didik ini telahberhasil dikembangkan dan dapat berfungsi dengan baik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JTSISKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom, e-ISSN: 2338-0403) adalah terbitan berkala online nasional yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia. JTSiskom menyediakan media untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan ...