Jurnal Riset Komunikasi
Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016

Gaya Hidup Hedonisme Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Magnum Indonesia Versi Raisa Hangout)

Dianti, Neni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2016

Abstract

Iklan Magnum versi pink and black dan Magnum versi Indonesia Raisa Hangout sarat akan simbol dan makna gaya hidup hedonis dengan ukuran kesenangan sebagai pusat utamanya dikonstruksi menjadi suatu hal yang semestinya. Penelitian ini menggunakan semiotika lima kode Roland Barthes yang berupa kode hermeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proairetik, serta kode gnomik yang terdapat pada iklan magnum. Paradigma pada penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Hasil penelitian ini adalah a) kode hermeneutik,simbol berperan dalam membentuk makna gaya hidup akan kesenangan b) kode semik,pengkonstruksian nilai-nilai wanita modern dibentuk menjadi kualitas impian kesenangan wanita kini, c) kode simbolik, penggunaan properti seperti pakaian, aksesoris, kesan warna, teknik pengambilan gambar untuk menangkap penggambaran situasi setting tempat suasana yang terbangun serta ekspresi yang menjadi visualisasi daya tarik pesan, d) kode proairetik,simbol kesenangan dipetakan seakan mengiring hidup hanya untuk kesenangan semata, e) kode gnomik ,konstruksi cara hidup bangsa luar yang divisualisasikan oleh simbol dan makna sehingga kita merasa lumrah memandang kebudayaan barat. Kata kunci : iklan magnum versi pink and black dan magnum versi Indonesia Raisa hangout, gaya hidup hedonisme, semiotika, lima kode Roland Barthes.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JRK) berisi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun studi literatur yang berkaitan dengan bidang ilmu komunikasi. JURNAL RISET KOMUNIKASI Diterbitkan sejak Juni 2010 oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Serang. ...