Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER V MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

M, Yuliananingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2016

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Semester V melalui pemanfaatan perpustakaan Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan bentuk penelitian tindakan kelas (clasroom action research ). Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini maliputi teknik observasi langsung, Teknik komunikasi langsung, dan teknikstudi dokumenter. Alat pengumpulan data meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni dalam perencanaan proses penelitian yaitu pada siklus I 3,375, 4,25, siklus II 4,375, dan 4,75 dengan kategori baik. Pelaksanaan dalam upaya meningkatkan minat belajar mahasiswa terlaksana  meliputi Pada siklus I 4,14, 4,71, siklus II  4,76, dan 4,95 dengan kategori sangat baik. Upaya meningkatkan minat belajar mahasiswa melalui pemanfaatan perpustakaan terlaksana dengan baik dengan antusias mahasiswa dalam menggunakan perpustakaan secara maksimal dan adanya peningkatan minat belajar. Disimpulan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap minat belajar mahasiswa Semester V melalui pemanfaatan perpustakaan Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak.Kata Kunci: perpustakaan, minat, mahasiswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial. ...