Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 5, No 2 (2015)

PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Slameto, Slameto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2015

Abstract

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan salah satu tuntutan kompetensi guru; kesulitan utama mereka dalam PTK adalah bagaimana menyusun proposal. Menyusun Proposal PTK dimulai dengan menulis judul dan identitas peneliti: PTK merupakan kegiatan nyata, untuk meningkatkan mutu PBM; merupakan tindakan oleh guru kepada siswa yang harus berbeda dari  kegiatan biasanya; terjadi dalam siklus berkesinambungan; minimum dua siklus. Judul memuat gambaran upaya yang dilakukan untuk perbaikan pembelajaran sesuai hasil analisis karakteristik siswa dalam pembelajaran sebelumnya, tindakan yang diambil untuk merealisasikan upaya perbaikan pembelajaran, dan setting penelitian. Pendahuluan terdiri dari: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan  Manfaat Penelitian. Kajian teori dan hipotesis memuat Teori Mapel, Teori Pembelajaran Mapel, Teori Pembelajaran variabel tindakan (X) sesuai standar proses, Teori variabel yang akan diperbaiki (Y)  termasuk kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk mengukurnya.Kajian Hasil Penelitian yang Relevan, Kerangka Pikir dan Hipotesis tindakan. Metode Penelitian memaparkan Subjek dan Waktu Penelitian, Variabel yg diteliti (definisi operasional setiap variabel dan kisi-kisinya), Prosedur penelitian yang berisi deskripsi per Siklus (rancangan, pelaksanaan, pengamatan/ pengumpulan data/ instrument, refleksi), Rancangan Tindakan terdiri dari: 1) Rencana pembelajaran 2) Rencana kegiatan, 3) Rencana apa yang akan diamati, dan 4) Rencana analisis data. Data dan cara pengumpulannya: jelaskan setiap variabel beserta instrumen yang digunakan serta Indikator kinerja masing-masing variabel; akhiri dengan analisis data. Bagian akhir dari proposal berupa Daftar Pustaka dan Lampiran.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...