JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah)
Vol 1 No 2 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - November 2017

Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA

Bhakti, Yoga Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan evaluasi model CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product), mengetahui hasil belajar siswa pada bidang studi IPA dan mengetahui keefektifan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan evaluasi model CIPP di SMP IT Raudlatul Jannah. Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran dilihat dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru IPA, wakil bidang kurikulum, serta Kepsek yang berada di SMP IT Raudlatul Jannah. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi persyaratan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran dinyatakan cukup efektif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPFRI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah is a scientific journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Physics Education Innovation and Scientific Research in the field of ...