KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
Vol 1, No 1 (2017): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 1 TAHUN 2017

ANALISIS BUKU BACAAN ANAK “BELAJAR SAMBIL BERTERNAK AYAM” BERDASARKAN PENDEKATAN STUKTURAL

Roysa, Mila (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2017

Abstract

Pendidikan sastra di sekolah dasar adalah pembelajaran sastra anak. Sastra anak merupakan pembayangan atau pelukisan kehidupan anak yang imajinatif ke dalam bentuk struktur bahasa anak. Sastra anak merupakan sastra yang ditujukan untuk anak, bukan sastra tentang anak. Sastra tentang anak bisa saja isinya tidak sesuai untuk anak-anak, tetapi sastra untuk anak sudah tentu sengaja dan disesuaikan untuk anak-anak selaku pembacanya (Puryanto, 2008: 2). Pemilihan buku bacaan anak harus disesuaikan dengan usia tingkat perkembangan usia anak. Analisis yang digunakan dalam pembahasan ini menggunakan teknik deskriptif dengan menganalisis teks cerita yang berjudul “Belajar Sambil Berternak Ayam” yang sesuai untuk pengoptimalan kognitif anak. Berdasarkan analisis bacaan judul cerita tersebut sesuai untuk siswa sekolah dasar untuk siswa kelas tinggi.Kata Kunci: Pendekatan struktural.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kredo

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan ...