Jurnal Penelitian Sains
No 16 (2004)

Pemilihan Peubah dengan Prosedur Forward Selection, Backward Elimination dan Stepwise pada Model Hazart Proporsional (Studi Kasus: Pasien Leukimia Limfoblastik Akut Anak)

Sri Indra Maiyanti (Jurusan Matematika, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2017

Abstract

Dalam analisis survivas, peneliti kadang dihadapkan pada p peubah bebas yang akan diidentifikasikan pengaruhnya terhadap daya tahan objek tertentu. Bila p cukup banyak maka akan lebih efisien memilih sebagian dari p peubah bebas sehingga diperoleh model yang lebih baik dan sederhana dan hanya melibatkan peubah yang signifikan berpengaruh terhadap waktu daya tahan. Penelitian ini membahas prosedur-prosedur pemilihan peubah yang berpengaruh terhadap hazart kematian atau daya tahan pasien leukimia limfoblastik akut (LLA) anak yaitu prosedur forward selection, prosedur backward elimination dan prosedur stepwise. Statistik uji yang digunakan adalah statistik uji rasio kemungkinan (likehood ratio test statistic). Ketiga prosedur menghasilkan subset peubah yang sama dalam mengidentifikasi peubah-leubah bebas yang berpengaruh terhadap hazart kematian padien LLA anak yaitu SSP (adanya infiltrasi sel leukimia ke sistem saraf pusat pasien) dan Splenomegali (pembesaran limpa). 

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari ...