Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Vol 14, No 1 (2015): Juni

Perancangan Aplikasi CeritaRakyat Indonesia dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development Berbasiskan Android

Yudi Irawan Chandra ( STMIK JAKARTA STI&K)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2015

Abstract

Teknologi perangkat mobile saat ini sangat berkembang pesat. Ponsel, smartphone, maupun tablet merupakan perangkat mobile yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia di era modern. Sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan dan sangat tepat menjadi media untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya bangsa sendiri kepada penduduk Indonesia khususnya untuk anak-anak Indonesia.Aplikasi cerita rakyat tradisional Indonesia berbasis mobile pada sistem operasi Android adalah sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi dan nilai-nilai suatu budaya. Aplikasi ini dibuat sederhana namun menarik dan interaktif sehingga mudah untuk digunakan. Metode Rapid Application Development digunakan dalam pembangunan aplikasiini karena merupakan salah satu metode pembangunan sistem yang ditujukan untuk menyediakan pengembangan yang jauh lebih cepat dan mendapatkan hasil dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan hasil yang dicapai melalui siklus tradisional.Dalam pembuatan program menggunakan App Inventoryaitu sebuah perangkat lunak yang cocok digunakan untuk merancang dan membuat aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android. Program ini mudah digunakan karena dengan menggunakan program ini, seperti layaknya menyusun puzzle pada alur programnya. Tampilan desain yang dibuat, cukup dengan “click and drag”.Kata Kunci :Aplikasi Komputer, Cerita Rakyat, Rapid Application Development Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 14 Nomor : 1, Juni 2015 ISSN : 1412-9434

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun ...