SemanTIK : Teknik Informasi
Vol 3, No 1 (2017): semanTIK

PERBANDINGAN METODE DIFFERENTIATED SERVICE DENGAN METODE INTEGRATED SERVICE UNTUK ANALISA QUALITY OF SERVICE (QOS VIDEO STREAMING) PADA JARINGAN MULTI PROTOCOL LABEL SWITCHING (MPLS)

Fitri Fitri (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, Kendari)
Muh. Yamin (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, Kendari)
LM Bahtiar Aksara (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, Kendari)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

MultiProtocol Label Switching (MPLS) Merupakan Teknologi yang  digunakan untuk mengurangi  banyaknya proses pengolahaan yang terjadi di IP Routers ketika mengirimkan suatu layanan paket data, Serta memperbaiki kinerja pengiriman suatu paket data. Teknologi MPLS ini menggunakan Konsep Switching node yang biasa disebut dengan Label Switching Routers (LSR) dengan melekatkan suatu label dalam setiap layanan paket data yang datang kemudian label tersebut digunakan untuk menentukan kearah mana seharusnya paket data tersebut dikirimkan. Pada penelitian kali ini penulis akan melakukan pengukuran terhadap kualitas layanan  atau Quality of Service (QoS video streaming) yang bertujuan untuk  melakukan pengujian pada kualitas layanan jaringan Multy Protocol Label Switching (MPLS) dengan menggunakan dua jenis model QoS  yaitu Differentiated Service dan Integrated Service yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan QoS transfer data  video streaming dalam jaringan Multi Protocol Label Switching (MPLS). Pengukuran tersebut dilakukan terhadap parameter QoS  delay, jitter, packet loss, dan throughput yang ada dalam sebuah jaringan MultiProtocol Label Switching  (MPLS). Dari hasil perbandingan nilai parameter QoS tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Integrated Service memiliki kualitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan metode Differentiated service untuk diterapkan pada jaringan MPLS analisa QoS video streaming  pada jaringan MPLS.Kata kunci— MultiProtocol Label Switching (MPLS), Quality of Service (QoS), QoS metode Differentiated service, integrated service dan video streaming.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semantik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal "semanTIK" merupakan salah satu media publikasi hasil-hasil penelitian dalam bidang teknologi informasi. Kajian penelitian dalam jurnal yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas, Sistem Informasi dan Robotika. Sasaran dalam penerbitan jurnal ini adalah Dosen, Mahasiswa ...