Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching
Vol 1, No 1 (2017): Metathesis

A Critical Review on Post-Method Era in English Language Teaching for Indonesian Context

Khafidhoh Khafidhoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

Kurikulum dan metodologi pembelajaran merupakan konsep inti dalam sistem pembelajaran.  Para  ahli  sepakat  bahwa  kurikulum  merupakan  elemen  yang  lebih  luas daripada metodologi pembelajaran. Namun, keduanya saling berkaitan. Sebenarnya, ada beragam metodologi dalam pembelajaran bahasa Inggris tetapi sekarang ini merupakan post- method era dimana tidak ada metodologi yang spesifik yang diklaim sebagai metodologi yang terbaik untuk diimplementasikan. Dalam konteks pembelajaran di Indonesia, kurikulum didesain secara umum oleh pemerintah. Faktanya, faktor yang mempengaruhi pembelajaran yang sangat beragam memerlukan metodologi yang beragam pula untuk diterapkan di dalam kelas. Hal tersebut menunjukkan pentingnya pemerintah memberikan perhatian pada konsep post-method era sehingga desain pembelajaran yang dikembangkan oleh pemerintah dapat lebih fleksibel untuk digunakan dalam konteks yang beragam di Indonesia. Sejalan dengan paparan  tersebut,  guru  sebagai  pengembang  kurikulum,  pelaksana  kurikulum,  fasilitator dalam pembelajaran, serta peneliti kurikulum, sebaiknya memahami post-method era dalam konteks pendidikan di Indonesia sehingga mereka dapat mengembangkan dan menerapkan kurikulum, memfasilitasi pembelajaran, melakukan penelitian yang sesuai dengan konteks pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan  untuk  mengeksplor  beberapa  isu  terkait  topik  utama  yang  didiskusikan  dalam artikel ini yang meliputi kurikulum, metodologi, hubungan antara kurikulum dan metodologi, pembelajaran  bahasa  Inggris,  post-method  era,  serta  post-method  era  dalam  konteks Indonesia.Kata kunci: post-method era, pembelajaran bahasa Inggris, konteks Indonesia

Copyrights © 2017