Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 3, No 1 (2016): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

BAHAN AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP/ WATAK KEWARGANEGARAAN SISWA (CIVIC DISPOSITIONS)

Camellia Camellia (FKIP Universitas Sriwijaya)
Puspa Dianti (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 May 2016

Abstract

:Lunturnya nilai-nilai moral peserta didikmenimbulkan pertanyaan besar mengenai eksistensi mata pelajaran PPKn; Apakah PPKn telah kehilangan fungsi untuk  menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik, cerdas, dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Saat ini,  tidak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan pembelajaran matapelajaran PPKn masih syarat dengan muatan kognitif saja. Padahal sejatinya matapelajaran PPKn memuat nilai-nilai yang bermuara pada perubahan sikap dan perilaku peserta didik (afektif). Salah satu kompetensinya adalah memiliki sikap kewarganegaraan (civic disposition). Dengan demikian, maka perlu diadakannya bahan ajar yang memuat nilai-nilai karakter untuk membentuk sikap kewarganegaraan  (civic disposition) siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...