PT. APLIN adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Information and Communication Technology (ICT) yang melayani berbagai kebutuhan pelanggan dalam hal komunikasi dan jaringan. Perkembangan TI (Teknologi Informasi) yang dinamis mengakibatkan adanya perubahan kebutuhan pelanggan. PT. APLIN memperbarui TI yang digunakan secara berkala dan berusaha memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini dilakukan menggunakan framework COBIT 4.1 untuk mengetahui maturity level pada empat proses TI yaitu PO3 (Menentukan Arahan Teknologi), AI5 (Pengadaan Sumber Daya TI), DS2 (Mengelola Layanan Pihak Ketiga) dan DS6 (Mengidentifikasi dan Mengalokasikan Biaya). Dimana keempat proses TI tersebut merupakan bagian dari tujuan bisnis pencapaian optimasi biaya dari penyampaian layanan dalam perspektif pelanggan. Hasil penelitian menunjukan maturity level berada pada level Repeatable but Intuitive untuk proses TI PO3, DS2 dan DS6. Sedangkan proses TI AI5 berada pada level Defined. Mekanisme perencanaan pengadaan sumber daya TI dan perencanaan anggaran pada PT. APLIN sudah sesuai dan terdokumentasi dengan baik. Perusahaan perlu meningkatkan mekanisme pengembangan infrastuktur TI dan menjaga hubungan kinerja vendor atau pihak ketiga.
Copyrights © 2017