JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KERAPA SEPAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Elis, Selviana (Unknown)
Wedyawati, Nelly (Unknown)
Wibowo, Dwi Cahyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2016

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dengan penggunaan  metode  demonstrasi  pada  materi  perubahan  lingkungan.  Penelitian  ini menggunakan metode kualitatif, berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus yang dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Di siklus I diperoleh hasil belajar ketuntasan klasikal kelasnya adalah 70% dan meningkat 20% pada siklus II menjadi 90%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi sangat baik, hal ini terlihat dari persentase yang diperoleh dari hasil lembar observasi siswa pada siklus I sebesar 85% dan meningkat di siklus II menjadi 94% dan observasi guru di siklus I sebesar 84,61% dan di siklus II sudah dilaksanakan dengan sangat baik yaitu 100%. Rekapitulasi hasil angket respon siswa menunjukkan angka 89,8%  dan  termasuk  kategori “sangat  kuat”.  Berdasarkan  hasil-hasil  tersebut  dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Copyrights © 2015