JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Vol 3, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM PERKULIAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING

Kristin, Firosalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi tingkat keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan dengan menggunakan pembelajaran active larning. Analisis data dengan regresi ganda model Stepwise berbantu SPSS versi 20.Dari hasil analisis diperoleh hasil keaktifan belajar mahasiswa dan peran dosen sebagai fasilitator dan mediator menjadi pengaruh keberhasilan belajar dalam perkuliahan.  Dengan demikian penerapan model pembelajaran active learnig dalam perkuliahan ini  berhasil (efisien dan efektif) terdukung data. Diperoleh 2 model berpengaruh­nya variabell keberhasilan, dua variabel yang dimaksud adalah keaktifan belajar berpengaruh 43,80% (model 1) dan yang kedua adalah keaktifan belajar yang jika berpadu dengan peran dosen sebagai fasilitator dan mediator ber­pengaruh 60,90% (model 2) terhadap  variabel keberhasilan belajar mahasiswa pada perkuliahan dengan menggunakan model pembelajaran active learning. Kata Kunci: Keaktifan, Active Learning

Copyrights © 2017