JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL WEBBED PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS II SEKOLAH DASAR PANCA SETYA 2 SINTANGTAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fania, Evi (Unknown)
Warkintin, Warkintin (Unknown)
Sore, Avelius Dominggus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan peningkatan hasili belajar siswa menggunakan model webbed tema dokumen keluarga pada pembelajaran IPS kelas II Sekolah  Dasar  Panca  Setya 2  Sintang  Tahun  Ajaran 2014/2015.  Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Yang berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II, yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian  ini  dilaksanakan dalam dua  siklus. Tiap  siklus terdiri  atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat Pengambilan data yang digunakan  berupa  pedoman  observasi,  soal  tes,  wawancara,  dan  dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan hasil belajar siswa melalui model webbed pada siklus I dengan jumlah persentase sebesar 52,18% sedangkan pada siklus II  terjadi  peningkatan  yang  signifikan,  yaitu  sebesar 86,95%.  Hal  ini  menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 34,77%. 

Copyrights © 2015