JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Vol 2, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

PERSEPSI DAN KONSEPSI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Tukan, Daniel Dike (Unknown)
Parida, Lusila (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena dan problematika pendidikan sekolah dasar untuk mengetahui hal-hal esensial dalam perspektif mutu pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif fenomenologis dalam mengkaji fenomena factual pendidikan dasar. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan hermeneutika dialektis melalui teori untuk mendapatkan konsep yang holistik tentang mutu belajar di sekolah dasar. Hasil dan tujuan penelitian ini memberikan gambaran bahwa proses belajar tidak sebatas guru dan kurikulum, tetapi erat kaitannya dengan semua aspek yang menciptakan kondisi belajar. Kelas tidak hanya mengenai aspek fisik tetapi sebuah realitas psikologis dimana komunikasi dan interaksi guru dan murid terjadi. Interaksi yang baik akan membantu keberhasilan proses belajar dan memastikan hati dan pikiran siswa ada di setiap ruangruang kelas ketika belajar itu terjadi. Guru harus membangun persepsi dan konsepsi yang benar tentang proses belajar dan terus mengasah kompetensinya. Dengan demikian evaluasi dan pengembangan guru harus holistik mencakup, sikap, pengetahuan, sifat dan motivasi guru dalam melaksanakan profesinya di bidang pendidikan.Kata Kunci: Problem-problem pendidikan, Persepsi dan konsepsi mutu

Copyrights © 2016