Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 3, No 2 (2017): Desember

ANALISIS KELEMBAGAAN PENERAPAN KONSEP BLUE ECONOMY PADA TAMBAK UDANG (STUDI KASUS DI DUSUN NGENTAK DESA PONCOSARI KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL)

Lestari Sukarniati (Ahmad Dahlan University)
Rifki Khoirudin (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi kelembagaan tambak udang Vanname yang dilakukan dengan metode ecoshrimp busmetik.  Kondisi kelembagaan yang dikaji adalah terkait dengan penerapan konsep blue economy. Penelitian ini dilakukan di wilayah pantai-pantai selatan Desa Poncosari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam terhadap pengurus kelompok tani dan aparat desa setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani tambak belum sepenuhnya mengimplemetasikan (menerapkan) konsep blue economy. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya dukungan dari Pemerintah dalam usaha ini. Tidak adanya dukungan tersebut berdampak pada kebutuhan sarana yang tidak terpenuhi. Sehingga penerapan konsep blue economy tidak dapat diterapkan secara penuh. Selain itu sarana pendukung lain yang diperlukan seperti  jalan yang memadai juga tidak tersedia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurep

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Pembangunan dengan nomor ISSN 2339-1529 (cetak) dan 2580-524X (online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Januari-Juni & Juli-Desember) oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo. Jurnal Ekonomi ...