MANAJERIAL
Vol 10, No 1 (2011): Manajerial : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi

STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNTUK PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)

Sopandi, Encep (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2011

Abstract

Strategi Penerimaan Mahasiswa Baru PTS dimulai dengan konsep mengenai bagaimanamenggunakan sumber daya yang dimiliki oleh lembaga secara lebih efektif dalam suatu lingkunganyang sedang berubah. Pembuat strategi harus siap menyeleksi sasarannya sesuai dengan arusutama perubahan, sehingga perlu untuk menganalisis implikasi perubahan-perubahan sosialdalam penentuan suatu strategi. Analisis lingkungan untuk memperhatikan kecenderungankesempatan dan ancaman yang dihadapi. Strategi PMB PTS didisain untuk memastikan bahwatujuan manajemen pendidikan dapat dicapai melalui tindakan yang tepat, sehingga sukses ataugagalnya pencapaian tujuan bergantung pada strategi yang digunakannya. Perencanaan strategidan pelaksanaan strategi perlu dikombinasikan untuk mencapai sukses.Kegagalan suatu strategi PMB PTS kemungkinan disebabkan tujuan tidak realistis,kesalahan strategi yang dipakai, dan strategi yang dipakai benar tetapi pelaksanaan tidak berhasilmencapainya. Walaupun tecapainya tujuan belum membuktikan kebenaran strategi karenakesulitan untuk mengukur unsur-unsur tertentu dari strategi yang sinergetik.Kegiatan promosi merupakan kegiatan membangun komunikasi antara sekolah dengancalon mahasiswa atau keluarganya dengan tujuan untuk mempengaruhi keputusan merekadalam memilih suatu sekolah. Dengan demikian, dalam kegiatan promosi terdapat unsur apayang diinformasikan, media komunikasi yang digunakan, dan kepada siapa informasi tersebutdisampaikan. Di samping itu, terdapat pula kegiatan promosi untuk meningkatkan mahasiswabaru yang terdaftar melalui pendekatan sales promotion, seperti dengan penetapan biaya yangdibebankan kepada mahasiswa lebih rendah dari PTS lain. Kegiatan ini dimaksudkan untukmeng-counter PTS lain yang menjadi «saingan».PTS-PTS besar dan kuat di Jawa Barat tahun 2010 umumnya telah melakukan kegiatanpromosi dengan memperhatikan aspek strategis, yaitu menganilisis situasi intern dan ekstern,penetapan tujuan, pemilihan dan penetapan strategi, mempertimbangkan komponen biayapendidikan, lokasi dan optimalisasi promosi. Namun untuk PTS-PTS kecil dan lemah, hal tersebutbelum dilakukan sepenuhnya. Promosi yang dilakukan baru pada kegiatan penyebaran brosurdan iklan di media cetak atau elektronik saja, alasannya adalah keterbatasan dana dan SDM.

Copyrights © 2011