JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Vol 11, No 2 (2015)

ANALISIS PENGELOLAAN KOMPETENSI MELALUI INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERGURUAN TINGGI DI PONTIANAK (Studi Kasus Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak)

santy mayda batubara (Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2017

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intelectual Capital terhadap Kompetensi Manajemen Keuangan pada perguruan tinggi di Pontianak, dan sebagai evaluasi untuk peningkatan kualitas keahlian mahasiswa dibidang kompetensi manajemen keuangan, melalui proses pembelajaran yang terpadu, meningkatkan kompetensi sesuai kluster matakuliah, memacu motivasi belajar, sehingga pada akhirnya nanti mampu berdaya saing didunia kerja dan kreatif menciptakan lapangan usaha (independensi baik internal maupun eksternal). Model penelitian ini menggunakan teknik full model, dilakukan antara konstruk dengan konstruk (multidimensional model). Terdiri atas 2 variabel, dan 15 konstruk. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2012/2013, sedang mengikuti proses pembelajaran tahun 2014/2015, semester VI. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, menggunakan skala pengukuran dan tabulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Intellectual Capital berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kompetensi Manajemen Keuangan, dengan perolehan nilai koefisien standardized yaitu 0,095 dan tingkat signifikan 0,652, pada Perguruan Tinggi di Pontianak. Hubungan Intellectual Capital terhadap Kompetensi Manajemen Keuangan yaitu sebesar 0,9% saja, dan sisanya 99,91% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain diluar model ini. Intellectual Capital memiliki pengaruh yang besar terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa, sebaiknya diterapkan sejak dari mulai awal perkuliahan melalui proses pembelajaran yang terpadu, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar, menentukan pilihan dalam meningkatkan kompetensi sesuai kluster matakuliah, dan pada akhirnya nanti mampu berdaya saing didunia kerja dan kreatif menciptakan lapangan usaha.  Kata kunci: Intellectual Capital, Kompetensi dan Manajemen Keuangan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jm_motivasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen ...