Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur SariManajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur Sari

Rizal Rachman (Universitas BSI)
Hendi Suhendi (Universitas BSI)
Mayya Nurbayanti Shobary (Universitas BSI)
Toni Arifin (Universitas BSI)
Adi Suparwo (Universitas BSI)
Dwi Ariyandi (Universitas BSI)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

AbstrakKegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dari Universitas BSI telah memberikan manfaat kepada salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Kota Bandung yaitu pada perusahaan Baso Malang Campur Sari. Kendala – kendala yang kami peroleh mengenai pengaturan sumber daya manusia yang tidak optimal, pembukuan tidak rapih serta pemasaran masih menggunakan media motoris yang belum meluas. Sample yang kita ambil sebanyak 20 orang terdiri dari 1 orang kepala produksi, 5 orang Operasional produksi dan 14 orang tenaga pemasaran yang menggunakan motor yang sudah disediakan oleh pemilik UMKM. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pembinaan mengenai manajemen usaha perusahaan dan memberikan pelatihan dalam hal meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pengurus UMKM mengenai teknologi informasi yaitu melalui aplikasi sosial media. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah pelatihan, pendampingan manajemen, penerapan & penggunaan sistem informasi untuk pemasaran. Hasil dari kegiatan yaitu diharapkan efektifitas dan efisiensi kinerja dapat meningkat, adanya peningkatan pendapatan dan dengan adanya teknologi informasi sehingga wilayah pemasaran dapat lebih meluas. Kata Kunci: Manajemen Usaha, Sosial Media, UMKM AbstractCommunity service activities undertaken by a team from BSI University has provided benefits to one of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), especially in the city of Bandung, namely the company of Baso Malang Campur Sari. Constraints - constraints that we get about the setting of human resources are not optimal, bookkeeping neat and marketing still use the media that has not been widespread motor. Sample that we take as many as 20 people consists of 1 head of production, 5 people Production operations and 14 people marketing personnel who use the motor that has been provided by the owners of SMEs. The purpose of this activity is to provide guidance on the company's business management and provide training in terms of improving the skills and knowledge of MSME management of information technology through social media applications. The methods applied in this activity are training, management assistance, implementation & use of information systems for marketing. The results of the activity is expected to be effectiveness and efficiency of performance can increase, the increase in income and with the existence of information technology so that the marketing area can be more widespread. Keyword: Business management, Social Media, SMEs

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Jurnal Abdimas BSI sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan hasil dari pengabdian pada masyarakat. Situs Jurnal Abdimas BSI menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal Abdimas BSI adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang ...