Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 8, No 2 (2016): Periode September 2016

Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri di Kota Bekasi

Danang Dwi Harmoko (STIBA NUSA MANDIRI)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi bahasa Inggris siswa SMP Negeri di kota Bekasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13, 14 dan 22 kota Bekasi yang berjumlah 1188 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel sebanyak 120 siswa dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Data diperoleh dari hasil tes pilihan ganda sejumlah 30 soal terkait dengan penguasaan kosakata dan tata bahasa serta tes membuat karangan deskripsi. Variabel penelitian yang digunakan adalah penguasaan kosakata (X1), penguasaan tata bahasa (X2) dan kemampuan menulis karangan deskripsi (Y). Dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan makna kosakata dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fo = 28,343. Secara bersama-sama variable penguasaan makna kosakata dan penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 32,6% terhadap variable kemampuan menulis karangan deskripsi.

Copyrights © 2016