Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Vol 3, No 2 (2017): JURNAL TEKNIK KOMPUTER AMIK BSI

RANCANG BANGUN ANIMASI PENGENALAN MUSEUM SEJARAH JAKARTA BERBASIS MULTIMEDIA

Susliansyah Susliansyah (Manajemen Informatika AMIK BSI Bekasi Jalan Cut Mutia No.88)
Asep Saepudin (STMIK Nusa Mandiri Jakarta Jl. Damai No. 8, Warung Jati, Jakarta)
Ririn Restu Aria (Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta Jalan R.S. Fatmawati No.24 Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

Abstrak  –  Museum Sejarah Jakarta merupakan salah satu sumber informasi mengenai perkembangan atau perjalanan kota jakarta, rendahnya minat masyarakat terhadap informasi Museum Sejarah Jakarta yang berhubungan dengan sejarah-sejarah jakarta, dikarenakan informasi di Museum Sejarah Jakarta masih menggunakan sejenis poster ataupun baner, sehingga masyarakat merasa cepat bosan karena dengan metode tersebut dianggap kurang efisien dan kurang menarik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall dengan tahapan analisa kebutuhan sistem, desain pembuatan kode program, pengujian dan pendukung. Media informasi sejarah untuk pengunjung ini diharapkan dapat memberikan fitur-fitur lebih seperti peragaan secara langsung, materi yang lebih detil, dan terkesan menyenangkan. Animasi merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah media Animasi Pengenalan Sejarah Jakarta Pada Museum Sejarah Jakarta yang dapat digunakan oleh pengunjung. Penggunaan media ini dalam proses informasi dapat memotivasi pengunjung dan meningkatkan pengetahuan dan dapat menarik simpati pengunjung untuk membaca informasi sejarah.Kata Kunci : Animasi, Museum Sejarah Jakarta, Multimedia Interaktif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknik Komputer merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Robotika, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft ...