Abstract - Pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan akan menciptakan kepuasan bagi para pelanggan, oleh karena itu suatu perusahaan harus memiliki strategi yang khusus untuk mengelola jasa dengan baik. Strategi yang dimaksud mengenai hal apa yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, hal ini berkaitan dengan pelayanan dimana pelayanan merupakan aspek terpenting untuk mencapai kepuasan pelanggan.. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif kuantitatif yang mencoba menunjukan pengaruh dari pelayanan terhadap kepuasaan konsumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner sedangkan variable yang menjadi penelitian ini adalah variable bebas yaitu pelayanan (X) dan variable tak bebas adalah kepuasan (Y). Hasil penelitian terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan dan kepuasan pelanggan, berdasarkan perhitungan determinasi yang penulis teliti, diperoleh hasilnya yaitu varian yang tejadi pada variabel kepuasan pelanggan 54,5% ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel pelayanan
Copyrights © 2017