E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol 9, No 1 (2016)

PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE MULTIPLE CHOICE SCORING TECHNIQUE

Endy_Havindra, Budi Hartono, ( Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2016

Abstract

SMA Islam Sultan Agung Semarang mengadakan evaluasi belajar untuk menguji kelayakan para siswanya dalam belajar, akan tetapi dalam proses tersebut banyak masalah yang membuat proses evaluasi belajar tidak seperti yang diharapkan. Banyak masalah yang timbul dalam proses tersebut seperti waktu pengkoreksian yang membutuhkan waktu cukup lama sampai dengan banyaknya kertas yang sudah tidak terpakai dan akhirnya menjadi sampah. Pengembangkan sistem evaluasi belajar yang sudah ada menjadi sistem yang baru  dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan /Research and Development (RnD) yang dilakukan melalui pengujian desain oleh pakar dan pengujian prototype produk oleh calon user, telah menghasilkan produk sistem evaluasi belajar model baru yang dinyatakan valid oleh pakar serta dinyatakan baik oleh user. Sehingga  sistem yang mengusung beberapa teknik pemrograman yang dibungkus dalam satu aplikasi dapat memberikan dampak positif bagi seluruh perangkat sekolah karena fasilitas dan pemenuhan kebutuhan informasi yang ditawarkan dalam sistem baru. Kata Kunci: Evaluasi belajar, Reaserch and Development (R&D) , prototype, sistem, informasi

Copyrights © 2016