Dinamika Pendidikan
Vol 3, No 2 (2008): December 2008

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI

Haryanti, Titi (Unknown)
K, Fandi Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan model metode pembelajaran inkuiri dengan guru mata pelajaran sebagai pengamat yang menilai pelaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif  untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pokok bahasan pasar di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dalam melaksanakan metode pembelajaran inkuiri berdasarkan perbandingan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa. diharapkan metode inkuiri dapat diterapkan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Agar pelaksanaan pembelajaran dengan metode inkuiri dapat dilaksanakan dengan baik, diharapkan guru melakukan pembimbingan dalam observasi lapangan yang dilaksanakan oleh siswa secara berkelompok. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Inkuiri

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...