Dinamika Pendidikan
Vol 2, No 2 (2007): December 2007

JANTUNG KREATIFITAS GURU DALAM MENYONGSONG PROGRAM SERTIFIKASI DAN PENDIDIKAN PROFESI

Sucihatiningsih DWP, Sucihatiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2007

Abstract

Kelangkaan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia disebabkan oleh beberapa kendala. Kendala sistemik yang  meliputi kendala sistem-sistem sosial, politik dan ekonomi. Sedangkan kendala praktik meliputi kondisi geografis, kondisi teknologi, kondisi sumber daya manusia dan kondisi keuangan. Namun dalam menyongsong program sertifikasi dan pendidikan profesi, guru harus tetap mengembangkan kreatifitas di bidang proses belajar mengajar berbasis multimedia. Adapun proses pengembangan yang dilakukan guru dalam menepis kendala proses belajar mengajar(PBM) berbasis multimedia dengan melakukan analisis kebutuhan, merancang desain, menyusun naskah, membuat format naskah multimedia, merencanakan produk. Dengan demikian, kendala yang dialami guru selama ini akan terjawab, sehingga tujuan dari Undang-undang Guru dan Dosen, lebih khusus uji sertifikasi dan profesi guru dalam meningkatkan kompetensi kreatifitas guru akan segera terjawab, sehingga guru mampu meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan Indonesia yang bermutu dan berdayaguna demi membangun bangsa dan negara ini.   Kata kunci: PBM Berbasis Multimedia, Kendala, Kreatifitas Guru, Sertifikasi Profesi.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...