Dinamika Pendidikan
Vol 2, No 2 (2007): December 2007

RELEVANSI KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI GURU SMP NEGERI DALAM EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS DI KOTA SEMARANG

Wahyudin, Agus (Unknown)
Yulianto, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2007

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mengetahui relevansi antara kepemimpinan guru SMP NEGERI dengan efektivitas pengelolaan kelas di kota Semarang, (2) Mengetahui relevansi anatara motivasi guru SMP NEGERI dengan efektivitas pengelolaan kelas di kota Semarang dan (3) Mengetahui relevansi kepemimpinan dan motivasi guru SMP NEGERI dalam efektivitas pengelolaan kelas di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kota Semarang. Dikarenakan keterbatasan sumber daya penelitian, maka diambil sampel yang representative dan mampu mewakili  populasi, yaitu sebanyak 8 SMP Negeri dimana proporsi masing-masing SMP besarannya tidak sama namun tiap sampel SMP ada yang mewakili dan dengan quota sebanyak 50 sebagai responden. Hasil pengujian hipotesis ternyata semua hipotesis menyatakan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel bebas dengan variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Kata kunci: Motivasi kerja, gaya kepemimpinan dan pengelolaan kelas

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...